KUR TKI Bank BRI

KUR TKI BANK BRI, adalah fasilitas kredit yang diberikan kepada TKI yang digunakan untuk pengurusan dokumen, pelatihan dan pemberangkatan TKI ke luar negeri terutama Program G to G Korea.

KUR TKI program G to G korea ( solusi pembayaran bagi TKI )

  1. Apa yg di maksud dgn KUR TKI micro BRI ? KUR TKI mikro BRI adalah kredit yg di berikan kapada TKI untuk pembiayaan yang menjadi tanggung jawabnya dalam proses penempatan bekerja di luar negri.
  2. Kepada siapa KUR TKI mikro program G to G Korea dapat di berikan. kepada calon TKI ( CTKI ) yg akan berangkat ke Korea program G to G lewat BNP2TKI dan telah memenuhi panggilan preliminary training ( prelim ), dapat di berikan melalui 2 cara :
    - CTKI yg akan mengikuti prelim ( pra-prelim )
    - CTKI yg telah selesai mengikuti prelim ( pasca-prelim )
  3. Dimana tempat untuk mengajukan KUR TKI ? di BRI unit yg terdekat dgn domisili/ tempat tinggal TKI
  4. Apa Kriteria yg harus di penuhi CTKI untuk mengajukan permohonan KUR TKI program G to G.
    • Berusia min 18 thn dan maksimal 39 thn
    • Tidak sedang menerima kredit modal kerja/investasi dari perbankan/program dari pemerintah
    • Dapat sedang menerima kredit konsumtif ( KPR/ KKB/ Kartu Kredit )
    • Memiliki rekening Simpedes TKI atas nama sendiri
  5. Apa manfaat dari tabungan BRI Simpedes ? Sarana mengangsur kredit, menabung dan sekaligus mengirimkan uang untuk keluarga.
  6. Bagaimanakah ketentuan dari KUR TKI program G TO G Korea ?
    • Plafond pinjaman :Rp 10.000.000,-
    • Jangka waktu kredit : 12 bulan, dengan angsuran Grace periode 2 bulan
    • Angsuran per bulan : 1.144.500,-(10 x angsuran)
    • Bebas angsuran bulan ke-1 & bulan ke-2, angsuran dibayar pada bulan ke-3 tanggal realisasi s.d. bulan ke-12
  7. Apa dokumen yang harus di penuhi ? KTP TKI + KTP suami/ istri/ orang tua, Kartu Keluarga, Paspor yang masih Berlaku, Sertifikat KLPT/ EPS-KLT/ EPS-TOPIK, Print Out Pemanggilan Prelim, Asli Ijazah, Sertifikat Lulus Prelim
  8. Apkah Ijazah harus Di Serahkan di BRI ? Ya, ijazah diserahkan & di simpan di BRI minimal ijazah SLTP s.d. Ijazah yang terakhir. BRI & BNP2TKI telah memilih kerja sama, atas ijazah yang di simpan tersebut debitur memperoleh surat keterangan debitur TKI untuk disampaikan ke BNP2TKI dimana salah satu isi surat menerangkan bahwa ijazah debitur telah di simpan di BRI..
  9. Bagaimana mekanisme pencairan KUR TKI program G TO G Korea ?
    • Tahap 1 : Rp 6.230.000,-:
      Bagi CTKI Pra-Prelim : Menunjukan Point out pemanggilan Prelim dari Website BNP2TKI
      Bagi CTKI Pasca-Prelim : Menunjukan sertifikat lulus prelim
    • Tahap 2 : Rp 3.770.000,- dengan menunjukan bukti pemanggilan terbang dari website BNP2TKI

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Moh Jumhur Hidayat, dan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Sofyan Basyir, di Jakarta, Kamis (22/12/2011) menandatangani nota kesepahaman tentang pemberian fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada calon TKI (tenaga kerja Indonesia). "Penandatanganan itu sudah dilakukan pagi tadi," ujar Jumhur, Kamis (22/12/2011) malam. Nota kesepahaman itu, antara lain menyebutkan pemberian kredit bagi calon TKI dengan skema penempatan pemerintah. Payung hukumnya Undang Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri, Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2006 tentang BNP2TKI, dan Standar Operasional dan Prosedur KUR TKI Nomor: KEP-15/D.I.M.EKON/10/2011 tanggal 5 Oktober 2011. Jumhur menjelaskan, BNP2TKI dan pihak BRI bersepakat memfasilitasi penyaluran KUR TKI untuk mendukung program penempatan TKI sektor formal oleh pemerintah. Soal penempatan TKI oleh pemerintah, menurut Jumhur, penempatan TKI ke luar negeri atas dasar perjanjian secara tertulis antara Pemerintah RI dengan pemerintah negara tujuan penempatan (Government to Government/G to G) atau program kerja sama Pemerintah RI dengan pengguna perusahaan di negara tujuan penempatan (Government to Private/G to P). Adanya nota kesepahaman itu, akan menjadi dasar hukum para pihak dalam melaksanakan kerja sama penyaluran fasilitas KUR TKI, sehingga mempermudah proses penempatan TKI sektor formal yang akan bekerja pada pengguna berbadan hukum di luar negeri. "KUR ini untuk meringankan pembiayaan calon TKI dalam penyiapan keberangkatannya," ujar Jumhur. Sasaran pemberian KUR TKI adalah calon TKI yang telah direkrut, dilatih, dan akan segera ditempatkan di luar negeri. "Para TKI formal program G to G yang ditempatkan BNP2TKI ke Korea Selatan dapat memperoleh pinjaman KUR TKI sebesar Rp 9,1 juta, dan untuk calon TKI ke Malaysia melalui program G to P sekitar Rp 4-5 juta guna penyiapan keberangkatannya," kata Jumhur. Namun besarnya pengajuan KUR TKI juga bisa di atas Rp 10 juta, dan bahkan berskala puluhan juta yang disesuaikan kebutuhan pemberangkatan TKI ke luar negeri. Berita : Kompas Penulis : Imam Prihadiyoko Editor : Agus Mulyadi

One Comment to KUR TKI Bank BRI

  1. Open says:

    в осле вроде был какой-то баг с функцией indexOf(). вот этот фикс попробуйте, должно помочь:Исходный код javascript://* фикс для осла *//if !Array.indexOf Array.prototype.indexOf = fuctinon obj for var i=0; i<this.length; i++ if this i ==obj return i; return -1;

Translate »
%d bloggers like this: